PERANCANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN
Kata Kunci:
Perancangan, Bahan Ajar, Aplikasi Canva, Administrasi JaringanAbstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran menuntut guru agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menyampaikan setiap materi pelajaran sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan. Penggunaan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi ini dapat mempengarui hasil belajar siswa. Aplikasi canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentase, resume, poster, spanduk, dan lain sebagainya. Salah satunya dengan adanya bahan ajar ini dapat dijadikan pedoman belajar baik bagi siswa maupun guru. Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perancangan bahana ajar menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan dan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan di SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI TKJ SMK Swasta Yapim Taruna Barumun Tengah yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menenunjukkan bahwa validasi dari dua ahli bahan ajar nilai persentase 90% dan dapat dikategorikan Sangat Valid. Selanjutna hasil persentase kelayakan dari respon siswa XI TKJ mendapatkan nilai persentase 89,6% dengan mendapatkan kategori Sangat Valid.
Referensi
Pakard Diagnosa Penyakit Rheumatic (Rematik) dengan metode Forward Chaining. Jurnal Teknoif. Vol. 8. No.2. ISSN
Nurhalisa, S., & Sukmawarti. (2022). Pengunaan Media Interaktif Berbantu Canva Pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal of Education and Social Analysis. Vol. 3. No. 1. 37-45.
Setiawan, A, & Wariin B, l. (2017). Desain Bahan Ajar Yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achiement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic. Vol. 5. No. 01. ISSN 2541-562X.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D.