PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA SISWA KELAS X SMAN 1 ANGKOLA SELATAN
Kata Kunci:
problem base learning, kemampuan membaca alquranAbstrak
Dalam proses pembelajaran guru merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Guru dapat menciptakan suasana pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan siswa, dan guru harus bisa menyesuaikan model yang sesuai dengan materi pelajaran supaya bisa meningkatkan cara berpikir. Problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran alternatif untuk peningkatan kemampuan baca tulis al-qur’an siswa. Untuk itu peneliti tertarik melihat pengaruh penggunaan model pembelajaran tersebut terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok baca tulis al-qur’an di kelas x SMAN 1 Angkola Selatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan baca tulis Al-qur’an di kelas x SMAN 1 Angkola Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen dengan desain non randomized control group pretest posttest design. Polulasi penelitian ini seluruh siswa kelas x SMAN 1 Angkola Selatan yang berjumlah 72 siswa. Karena populasi kurang dari 100, maka sampel penelitian adalah pupulasi itu sendiri. Instrumen pengumpulan data adalah tes berbentuk essay yang terdiri dari 5 soal untuk pretest dan 5 soal untuk posttest. Analisis data yang digunakan adalah uji kesamaan varian dan uji-t.
Referensi
Rangkuti, Ahmad Nizar, Metode Penelitian Pendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian pengembangan, Bandung: Citapustaka Media, Cet. Ke- 2, 2015.
Riduwan, Belajar Mudah Penelitian, Bandung: alfabeta,
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.1993.
Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2003.