PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI KELAS X SMK SWASTA ABDI NEGARA 2 PADANGSIDIMPUAN

Penulis

  • Ali Sadikin Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Lukman Hakim Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

Penerapan, , Strategi Pembelajaran, , Practice

Abstrak

Strategi pembelajaran pada umumnya dirancang oleh guru sesuai dengan  kebutuhan, salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah strategi practice  rehearsal pairs (praktek berpasangan), strategi ini merupakan bagian dari active learning yaitu suatu strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar secara aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berpasangan). Mengetahui apakah terdapat gambaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital. Mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran practice rehearsal pairs (praktek berpasangan) terhadap hasil belajar siswa pada simulasi digital. Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Abdi Negara 2 Padangsidimpuan. Waktu penelitian selama 3 bulan dari bulan agustussampai oktober 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu, metode one group pretest posttest design. Populasi penelitian siswa kelas X dengan 22 siswa. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui gambaran penerapan strategi pembelajaran practice reharsal pairs (praktek berpasangan) dapat diterima dengan hasil posttest yang meningkat. Mengetahui gambaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital. Mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran practice reharsal pairs (praktek berpasangan) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital dilakukan dengan pengujian “t”.

Referensi

Rineka Cipta.

Ayu Citra, Pratiwi. Penerapan Strategi Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI. Volume 2 Tahun; 2016.

Hanim, Halida dan Syafitri, Aulia. PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR MENGANYAM VAS BUNGA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUNGGGAL. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera Volume 15 Juni 2017

Humaidi, Muhammad. Pengaruh Penerapan Strategi Praktek Berpasangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Standar Kompetensi membuat Rekaman Audio di Studiodi SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Tahun 2015 ; 153-160.

Munfaridatus, Abdah. Implementasi Strategi Practice Rehearsal Pairs, Linghtening The Learning Climate dan Simulasi dalam Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Qalamuna Volume 10 No 1 Tahun2018.

Nurrika, Aswita, Sutarno dan Sudana, I Made. Strategi Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ungaran. Jurnal Edu Komputika. Tahun 2016.

Nurrita, Teni. Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Volume 3 Tahun 2018.

Rahmadani, Sri. Efronia, Yulia. dan Elfi Tasfir. Penggunaan E-Modul di Sekolah Menengah Kejuruan pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika. Volume 1 Tahun 2021; 5-9.

rodiyana, Roni, Pengaruh Penerapan Strategi Quantum Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa` Jurnal Cakrawala Pendas. Volume 4 Tahun 2018.

Setianingsih, Wiwin dan Yulia, Lia. Studi Manajemen Marketing Berbasis Online (Penelitian pada UMKM Produksi Mebel di Desa Tamansari Babakan Muncang I Kota Tasikmalaya. Jurnal Maneksi. Volume 9 Tahun; 2020.

Sjukur, B. Sulihin. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal PendidikanVokasi. Volume 2 Tahun 2012.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yokyakarta. Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group.

Wijayanti, Ni Putu, Ayu. Dkk. Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning pada Mata Pelajaran Simulasi Digital untuk Siswa Kelas X Studi Kasus di SMK Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Kejuruan. Volume 13 Tahun 2016; 184

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-05-21

Cara Mengutip

Sadikin, A., Lukman Hakim Siregar, & Ermawita. (2024). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI KELAS X SMK SWASTA ABDI NEGARA 2 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 66–69. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1490

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>