PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN

Penulis

  • Sudirman Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmad Fauzi Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Ermawita Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan

Kata Kunci:

media pembelajaran, Macromedia Flash, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari  penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negari 2 Panyabungan. Penelitian dilakukan dengan metode Pre-Experimental desain(one group pretest post test). dengan sampel 32 siswa yang diambil dengan teknik random sampling dari 65 siswa. Angket dan tes digunakan dalam pengumpulan data. Lembar angket menunjukkan penggunaan Macromedia Flash adalah 3,68 (kategori baik). Artinya peneliti telah menggunakan Macromedia Flash sesuai dengan langkah-langkahnya. Rata-rata hasil belajar siswa sebelum menggunakan Macromedia Flash adalah 49,03 (kategori kurang) dan setelah menggunakan Macromedia Flash adalah 82,87 (kategori baik). Selanjutnya dengan menggunakan uji Normalitas ditemukan nilai lebih besar >0,05 dan disimpulkan tes yang dilakukan berdistribusi normal, uji Homogenitas diketahui nilai signifikannya 0,020>0,05 artinya dari data yang dikumpulkan bersifat homogen, dan uji Reliabilitas disimpulkan bahwa data bersifat reliabilitas karena berada >0,06. Disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Panyabungan.

Referensi

Firdaus, F., and S. Samsudi, „Macromedia Flash Professional 8 Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa‟, Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Unnes, 12.1 (2012), 21–24

Prof. Dr. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Salsabilah, Safira. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Mts Zia Salsabila. Medan: USU.

Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta : Kencana Media Group.

Yudhi, M. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Yosiabdiantin. 2012. (http//blogspot.com/pengertian-pengaruh-html) diakses tanggal 1 September 2013.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-19

Cara Mengutip

Sudirman, Rahmad Fauzi, Roslian Lubis, & Ermawita. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKJ DI SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(2), 28–36. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1518

Terbitan

Bagian

Informatika

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 5 > >>