PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DI KELAS IV SD NEGERII00I06 SIBANGKUA

Isi Artikel Utama

Mawaddatul Hasanahhrp
Sabri Sabri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi peninggalan sejarah menggunakan  model pembelajaran STAD  terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua Tahun Ajaran 2020/2021. Rancangan penelitian menggunakan jenis  penelitian tindakan kelas  (PTK) yang terdapat dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan  observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 100106 Sibangkua yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pada pembelajaran ips materi  peninggalan sejarah dengan menggunakan model  pembelajaran STAD  nilai rata-rata 70  berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan model pembelajaran STAD nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata sebesar 80 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan  hasil belajar siswa pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah kelas IV SD pada siklus I sebesar 60% dan pada siklus II sebesar 90%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran  STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran ips materi peninggalan sejarah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hasanahhrp, Mawaddatul, dan Sabri Sabri. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD DI KELAS IV SD NEGERII00I06 SIBANGKUA”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 1, no. 04 (November 10, 2021): 7–11. Diakses Mei 11, 2024. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/163.
Bagian
Artikel

Referensi

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah.Yogyakarta : Penerbit Ombak.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Butar-Butar, Martina. 2015. “Pelestarian Benda Cagar Buadaya di Objek Wisata Museum Sang Nila Provinsi Riau. Hlm 1-11.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka

Fahyuni, Fariyatul, Eni dan Nurdyansyah. 2016. Inovasi Model Pembelajran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Hardoyo, Rachmat. 2004. Peninggalan Sejarah Sebagai Sumber Belajar Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi . Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Ibrahim, M. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya.

Julianto, dkk. 2010. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA University Press.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Rasyid. 2010. Minat, Indikator-Indikator Minat. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2005.Cooperative Learning. (Narulita Yusron). Bandung: Nusa Media.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>