PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SEKOLAH DASAR

Isi Artikel Utama

Susi Wulandari
Ramanata Disurya
Tanzimah Tanzimah

Abstrak

Hasil belajar merupakan hasil kemampuan yang dicapai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perubahan atau peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Mind Mapping pada mata pelajaran PPKn Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Rambang Niru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian True-Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang melibatkan 44 siswa sebagai sampel yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan uji homeginatas. Kelompok kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 76,36 dan kelompok kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 60,45. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan nilai signifikan kelas eksperimen 0,393 dan nilai signifikan kelas kontrol 0,200. Hasil uji homogenitas diperoleh nilai signifikan 0,784>0,05 sehingga dinyatakan bahwa varian data homogen. Pada pengujian hipotesis pada uji t (Independent Sample T-Test) dengan signifikan yaitu <0,05 diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,001<0,05 dan pada uji-t dengan ttabel>2,018 diperoleh nilai thitung 3,798 > ttabel 2,018 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PPKn kelas IV Sekolah Dasar.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Wulandari, Susi, Ramanata Disurya, dan Tanzimah Tanzimah. “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKn KELAS IV SEKOLAH DASAR”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS) 5, no. 1 (Februari 28, 2025): 35–44. Diakses Maret 9, 2025. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/article/view/2416.
Bagian
Artikel

Referensi

Acesta, A. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 581–586.

Asari, A., Zulkarnaini, Hartatik, Anam, A. C., Suparto, & Litamapuhuputty, J. V. (2023). Pengantar Statistika (A. Asari (ed.); 1st ed.). PT May Media Literasi Indonesia.

Catur Saputro, W. R., Disurya, R., & Dedy, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM GEMBROT terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 06, No 01, 6922–6932.

Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31.

Hamid. (2019). Berbagai Metode Mengajar Bagi Guru Dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(Desember), 1–16.

Istiqomah, R. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 2 Sidoharjo Pringsewu. Jurnal Skripsi, 44(8), 1689–1699.

Lestari, S., Ulfa, U., & Dimas, A. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil belajar Matematika Kelas V SDN Bangunrejo Lor 1. 03(02), 6–10.

Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive:Innovative Education Journal, 6(1).

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.

Nisa’, Y. K., & Gufron, M. (2018). Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas III SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 142–149.

Nurrachmawati, R., & Istaryatiningtias, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8026–8032.

Reksiana. (2019). Diskursus Terminologi Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran. Alim, 1, No 1, 119–156.

Sani, R. A. (2019). Inovasi Pembelajaran (Y. S. Hayati (ed.)). PT Bumi Aksara.

Saputro, D. Aj., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 1.

Siregar, R. L. (2021). Memahami Tentang Model, Strategi, Metode, Pendekatan, Teknik, dan Taktik. 10(1), 63–75.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D dan Penelitian Pendidikan) (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). ALFABETA.

Triana, R., Asrin, A., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Di Sdn 2 Wakul Dan Sdn Gerintuk. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Education Journal, 2(1), 11–18.

Wati, N. N. K. (2022). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 5(4), 440.

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24.