PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D
Kata Kunci:
video, media pembelajaran, hasil belajarAbstrak
Penelitianinibertujuanuntuk 1) Untukmengetahuigambaran mediapembelajaranberbasis video pada mata pelajaran animasi 2D, 2) Untukmengetahuigambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2D dikelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2D dikelas XI SMK Negeri 4Padangsidimpuan. Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakandeskriptif dan PopulasiPenelitiansiswakelas XI Multimedia SMK Negeri 4 Padangsidimpuan yang terdiridari2 (dua) kelasdenganjumlahseluruhnya49 . SampelPenelitiankelas XI1 Multimedia SMK Negeri 4Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang siswa. InstrumenPenelitianAngket,Tes, Observasi, Wawancara,Gabungan keempatnya, digunakan bila ingin mendapatkan data yang lengkap, akurat dan konsisten.Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Tes, Angket. Teknik Analisis DataAnalisis Deskriptif dan Analisisstatistikinferensial. Berdasarkanhasilperhitungan output SPSS Versi 22 pada tabeluntukpengujianhipotesisdiperolehnilaithitung= -1,357sedangkan ttabel = 1,340dengandemikiandapatdiketahuijikathitung<ttabel(-1,357<1,340)denganSignifikansi 0,198 pada tarafkepercayaansebesar 95% atautingkatkesalahan19% = 0,19. Apabiladikonsultasikandenganhargattabelyang sebesar1,340makathitunglebihkecildarittabel(-1,357<1,340). Artinyatidakterdapat“Pengaruh Yang Signifikan AntaraPengaruh Media PembelajaranBerbasis Video Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Animasi 2D Di Kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan”.
Referensi
Agus Suheri. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec Media Komputindo
Alimuddin. 2014. PenilaiandalamKurikulum 2013. [Online].JurnalProsiding Seminar Nasional FMIPA UNM Makassar, Volume 1 Nomor 1.
Aqid.2010. peningkatanhasilbelajarsiswamelaluistrategispertanyaandarisiswa pada smk negeri 3 kota ternate. Vol.15. No 1 jurnalpendidikan
Arief dkk. 2009. Media pendidikan. Jakarta.PT. RajakGrapindo Persada.
Arikunto. 2010. ProsedurPenelitiansuatuPendekatanPraktek. Rineka Cipta. Jakarta. Dahlan, M.S. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalamPenelitian
Arsyad . 2019. Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raya GrafindoPersada.
. 2011. Jurnalpendidikan.
Djamarah. 2016. Strategi BelajarMengajar. Jakarta :RinekaCipta.Erwan 2017