PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D

Isi Artikel Utama

rizkyalex
Lukman Hakim Siregar
Ahmad Zainy

Abstrak

Penelitianinibertujuanuntuk 1) Untukmengetahuigambaran  mediapembelajaranberbasis video pada mata pelajaran animasi 2D, 2) Untukmengetahuigambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2D dikelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2D dikelas XI SMK Negeri 4Padangsidimpuan. Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakandeskriptif dan PopulasiPenelitiansiswakelas XI Multimedia SMK Negeri 4 Padangsidimpuan yang terdiridari2 (dua) kelasdenganjumlahseluruhnya49 . SampelPenelitiankelas XI1 Multimedia SMK Negeri 4Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang siswa. InstrumenPenelitianAngket,Tes, Observasi, Wawancara,Gabungan keempatnya, digunakan bila ingin mendapatkan data yang lengkap, akurat dan konsisten.Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Tes, Angket. Teknik Analisis DataAnalisis Deskriptif dan Analisisstatistikinferensial. Berdasarkanhasilperhitungan output SPSS Versi 22 pada tabeluntukpengujianhipotesisdiperolehnilaithitung= -1,357sedangkan ttabel = 1,340dengandemikiandapatdiketahuijikathitung<ttabel(-1,357<1,340)denganSignifikansi 0,198 pada tarafkepercayaansebesar 95% atautingkatkesalahan19% = 0,19. Apabiladikonsultasikandenganhargattabelyang sebesar1,340makathitunglebihkecildarittabel(-1,357<1,340). Artinyatidakterdapat“Pengaruh Yang Signifikan AntaraPengaruh Media PembelajaranBerbasis Video Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Animasi 2D Di Kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan”.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
rizkyalex, Lukman Hakim Siregar, & Ahmad Zainy. (2022). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D . JURNAL VINERTEK (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 2(2), 17–23. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1112
Bagian
Informatika

Referensi

Agus Suheri. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec Media Komputindo

Alimuddin. 2014. PenilaiandalamKurikulum 2013. [Online].JurnalProsiding Seminar Nasional FMIPA UNM Makassar, Volume 1 Nomor 1.

Aqid.2010. peningkatanhasilbelajarsiswamelaluistrategispertanyaandarisiswa pada smk negeri 3 kota ternate. Vol.15. No 1 jurnalpendidikan

Arief dkk. 2009. Media pendidikan. Jakarta.PT. RajakGrapindo Persada.

Arikunto. 2010. ProsedurPenelitiansuatuPendekatanPraktek. Rineka Cipta. Jakarta. Dahlan, M.S. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalamPenelitian

Arsyad . 2019. Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raya GrafindoPersada.

. 2011. Jurnalpendidikan.

Djamarah. 2016. Strategi BelajarMengajar. Jakarta :RinekaCipta.Erwan 2017

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>