PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ANIMASI 2D
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitianinibertujuanuntuk 1) Untukmengetahuigambaran mediapembelajaranberbasis video pada mata pelajaran animasi 2D, 2) Untukmengetahuigambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2D dikelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran berbasis video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran animasi 2D dikelas XI SMK Negeri 4Padangsidimpuan. Penelitianinidilaksanakandenganmenggunakandeskriptif dan PopulasiPenelitiansiswakelas XI Multimedia SMK Negeri 4 Padangsidimpuan yang terdiridari2 (dua) kelasdenganjumlahseluruhnya49 . SampelPenelitiankelas XI1 Multimedia SMK Negeri 4Padangsidimpuan yang berjumlah 15 orang siswa. InstrumenPenelitianAngket,Tes, Observasi, Wawancara,Gabungan keempatnya, digunakan bila ingin mendapatkan data yang lengkap, akurat dan konsisten.Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Tes, Angket. Teknik Analisis DataAnalisis Deskriptif dan Analisisstatistikinferensial. Berdasarkanhasilperhitungan output SPSS Versi 22 pada tabeluntukpengujianhipotesisdiperolehnilaithitung= -1,357sedangkan ttabel = 1,340dengandemikiandapatdiketahuijikathitung<ttabel(-1,357<1,340)denganSignifikansi 0,198 pada tarafkepercayaansebesar 95% atautingkatkesalahan19% = 0,19. Apabiladikonsultasikandenganhargattabelyang sebesar1,340makathitunglebihkecildarittabel(-1,357<1,340). Artinyatidakterdapat“Pengaruh Yang Signifikan AntaraPengaruh Media PembelajaranBerbasis Video Terhadap Hasil BelajarSiswa Pada Mata Pelajaran Animasi 2D Di Kelas XI SMK Negeri 4 Padangsidimpuan”.
Rincian Artikel
Referensi
Agus Suheri. 2006. Animasi Multimedia Pembelajaran. Jakarta : Elec Media Komputindo
Alimuddin. 2014. PenilaiandalamKurikulum 2013. [Online].JurnalProsiding Seminar Nasional FMIPA UNM Makassar, Volume 1 Nomor 1.
Aqid.2010. peningkatanhasilbelajarsiswamelaluistrategispertanyaandarisiswa pada smk negeri 3 kota ternate. Vol.15. No 1 jurnalpendidikan
Arief dkk. 2009. Media pendidikan. Jakarta.PT. RajakGrapindo Persada.
Arikunto. 2010. ProsedurPenelitiansuatuPendekatanPraktek. Rineka Cipta. Jakarta. Dahlan, M.S. 2009. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel dalamPenelitian
Arsyad . 2019. Media Pembelajaran.Jakarta: PT. Raya GrafindoPersada.
. 2011. Jurnalpendidikan.
Djamarah. 2016. Strategi BelajarMengajar. Jakarta :RinekaCipta.Erwan 2017